Sosok Dion Johan Cools, Pemain Liga Champions yang Bakal Lawan Indonesia

- Jumat, 17 Desember 2021 | 11:38 WIB
Dion Johan-Cools. (Instagram/@djcools21)
Dion Johan-Cools. (Instagram/@djcools21)

Dion Johan Cools bakal ikut diturunkan ke lapangan dalam laga Timnas Indonesia vs Malaysia pada laga terakhir di grup B Piala AFF 2020. Pemain Liga Champions itu akan memperkuat Timnas Malaysia.

Kehadiran pemain Liga Champions Dion Johan Cools menjadi kabar yang kurang menyenangkan bagi Timnas Indonesia. Sebab, Dion saat ini berstatus sebagai pemain tim papan atas Liga Denmark, FC Midtjylland.

Laga Timnas Indonesia vs Malaysia itu sendiri akan berlangsung pada Minggu, 19 Desember 2021 pukul 19.30. Dion Johan Cools sudah tiba di stadion Nasional, Singapura pada Kamis (16/12/2021).

Bakal lawan Timnas Indonesia, berikut sederet fakta mengenai sosok Dion Johan Cools.

1. Profil Dion Johan-Cools

Dion Johan Cools lahir di Malaysia pada 4 Juni 1996. Dion memiliki darah Melayu yang didapat dari sang ibu. Sementara itu, ayahnya warga negara Belgia. Ia sudah berkiprah di sepak bola Belgia sejak kecil dan besar di negara tersebut.

Baca juga: Bikin Mandul Vietnam, Timnas Indonesia Banjir Pujian dari Media Korsel

Beranjak remaja, Dion pun berkesempatan memilih kewarganegaraan Belgia atau Malaysia. Tinggal jauh dari keluarga tak lantas membuat Dion melupakan kampung halamannya, tak jarang ia kembali ke Malaysia untuk bertemu keluarganya.

2. Perjalanan karir Dion Johan-Cools

Dion Johan Cools mengawali karinya di usia 7 tahun, kala itu ia bermain untuk Overijse mulai dari tahun 2002 sampai 2005. Setelah itu, Dion Dion bergabung dengan tim muda OH Leuvenpada tahun 2013.

Cools memulai debutnya bersama OH Leuven pada tahun 2014. Setahun kemudian, ia pindah ke Club Brugge. Di sinilah karir profesionalnya dimulai. Pada 23 Juni 2015, Dion menandatangani kontrak untuk bermain bersama Club Bruggae selama 4 tahun.

Kala itu, ia langsung terjun membela Bruggae dan berhasil meraih trofi Liga Belgia bersama Club Bruggae dan tampil di Kualifikasi Liga Champions. Kala itu, Dion mendpaat tawaran transfer sebesar Rp5,21 miliar.

Dion sendiri kini bermain sebagai bek kanan untuk superliga Denmark Midtjylland dan tim nasional Malaysia. Dia mulai bergabung di klub tersebut pada 31 Januari 2020.

3. Pemain naturalisasi

Berdarah Malaysia, Dion dipanggil oleh Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk membela Negeri Jiran tersebut. Ia masuk dalam skuad Harimau Malaya untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di UEA.

Kini, Cools akan berjuang membela negara tempat kelahirannya. Kehadiran Cools di skuad Malaysia diharapkan bisa memperkuat tim.

4.Punya banyak penggemar di Malayasia

Dion Johan Cools memiliki banyak penggemar dari Malaysia. Pulang kampung dan bergabung dengan Timnas Malaysia, Dion mendapat dukungan penuh dari warga Malaysia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X